Kamis, 13 Juni 2013

Memaknai Jatah Hidup yang Berkurang saat Usia Bertambah



28 tahun silam, 14 Juni 1985 melalui proses persalinan yang melelahkan selama beberapa hari, akhirnya Mamah melahirkanku di bantu dukun beranak kampung di Hajaban Huta Manik, Sumatra utara, tepat di hari Jumat.
Aku lalu diberi nama Sutri Yaningsih Manik. Nama yang sangat Jawa sekali padahal katanya orang Batak. Wkwkwk geje! Kata Mamah Yaningsih itu sama seperti nama pariban Papah yang tinggal di Simomagersari, Jl. Indrapura Surabaya, peranakan batak jawa. Lalu ditambahkan lah nama SUTRI sebagai nama depan untuk semakin menambah kental nama jawaku. Hemmm ini jadi semacam cinta terpendam Papah dan aku menjadi tumbal, wkwkwk.

Setiap kali aku menyebut namaku SUTRI saat berkenalan, orang akan mengulang dan kembali menanyakan namaku “Siapa tadi? Surti?”
“SUTRI” jawabku
“Oh Putri.” Ucapnya lagi
“Bukan bukan SUTRI.” timpalku
“Oh Sureti!”
“Bukan Sureti tapi SUTRI, S-U-T-R-I jadi SUTRI! Kayak bilang Putri tapi huruf P diganti pakai huruf S” ucapku terus berusaha menerangkan.
“Sutri?”
“Ya bener!”jawabku girang
“Ya sutra lah bo, ga penting juga.” Ucapnya santai tapi bikin aku gak santai pengen nimpuk pake balok kayu (anarkis!)

Kejadian semacam itu selalu berulang saat perkenalan di awal tahun ajaran baru bersama guru baru, kelas baru, saat berkenalan dengan orang baru atau saat aku ikut kuis di radio. Penyiar-penyiar semprul akan selalu salah saat menyebut namaku dan aku harus mulai menerangkan.

Itu orang baru lho, lha wong yang sudah kenal lama saja masih sering salah sebut atau salah tulis namaku kok. Kadang jadi Sutrianingsih atau Surti mereka menulisnya, ini jadi kebiasaan pihak administrasi sekolah dan kelurahan nih sampai-sampai aku jadi rajin untuk mengoreksi dan menambah urusan administrasi.

Penyebutan atau penulisan nama jadi terasa sensitif dari zaman dulu dan bikin aku sejak kecil sampai lulus SMA menjadi tidak suka dengan nama SUTRI. Karena terdenar tidak cantik seperti Dina, Dewi, Anisa, Gita, Intan dll. Sutri selalu disebut dengan nada seolah itu adalah nama yang aneh, tidak di ucapkan dengan gagah dan mantap seperti saat menyebut nama Bapak presiden RI pertama “SUTRISNO” yang punya 5 huruf yang sama denganku. Kadang malah aku benar-benar dipangil Sutrisno dengan nada mengejek. *Arghhhhhh

Apa lagi era Jamrud melejit dengan lagu Surti Tedjo, pasangan remaja yang mau ber esek-esek di sawah pake kondom korban salah gaul. WTF, itu masa ter-arghhhhhh banget deh pokoknya. Karena beberapa orang rajin banget manggil aku Surti dengan bernyanyi ala Krisyanto lalu tertawa sambil menunjukkan jari tengah *capeDeh, beberapa orang lainnya malah memanggilku Tedjo dan ah macem-macem deh pokoknya.

Di SMA, satu sekolah dulu memanggilku SAMSON bahkan sebagian hampir lupa nama asliku adalah SUTRI, sampai-sampai kalau dulu mereka menelpon kerumahku, mereka akan berkata “Samson nya ada Om?”
“SAMSON?” tanya ayahku heran lalu bertanya ke seisi rumah “Siapa yang pake nama Samson di rumah ini?”

Lalu aku akan cepat berlari dengan ekspresi wajah malu dan dengan sigap mengambil alih telpon. Setelah itu, orang-orang rumah jadi ikut menyebutku SAMSON dengan nada mengejek. Para kakak, adik dan orang tua teman-temanku juga jadi ikut-ikutan memanggilku SAMSON saat aku bermain kerumah mereka sepulang sekolah dan itu terjadi sampai saat ini. Mereka selalu bilang “Eh, Samson yang suka pisang dan gedang!” sambil menyodorkan piring berisi pisang, aku akan merespon cukup dengan nyengir sambil melahap pisang yang kupas nya harus dibuka menjadi 4 bagian tidak boleh 3 karena mengupas kulit pisang menjadi 3 itu adalah kebiasaan monyet.

Aku dipanggil SAMSON karena sewaktu kelas satu SMA dulu, aku selalu diganggu oleh gerombolan anak laki-laki kelas 1-5 yang bersebelahan dengan ruang kelasku 1-4. Satu hari mereka iseng menggangguku dan spontan aku mengangkat balok kayu yang besar dan menyerang mereka secara brutal (mirip Xena the warior princess). Saat aku menyerang mereka, Gilang Hata salah satu anak kelas 1-5 berteriak memanggilku Samson diikuti gelak tawa anak-anak lain yang melihat. Lalu karena penampilanku yang lebih mirip anak laki-laki dari pada anak perempuan, temanku juga kebanyakan adalah anak laki-laki dan juga karena perilaku yang lebih mirip anak laki-laki (doyan ikut balapan motor, breakdance dan bermain sepak bola) maka akhirnya kebanyakan dari teman-temanku justru malah jadi ikut memanggilku SAMSON sejak saat itu, itu bukan masalah karena SAMSON terdengar gagah.

Saat aku mulai menjadi penyiar tahun 2005, nama SUTRI bukanlah nama yang menjual dan nggak enak di dengar. Bosku bilang, nama itu ribet. Para pendengar juga selalu salah menyebut namaku. Walhasil nama on air-ku jadi Sonic Manik di radio pertama dan jadi Manik di radio ke dua. MANIK, yah sebuah marga yang kebetulan cantik dan terdengar asyik saat di ucapkan. Tapi semua adikku juga di panggil Manik oleh teman-temannya *nahLho*

Setelah lulus SMA baru deh aku mulai agak sedikit suka dengan nama SUTRI dan semakin suka sejak setahun lalu ketika kantor mengadakan pelatihan dan ada materi mengenai penerimaan diri. Sejak saat itu aku jadi memiliki makna tersendiri tentang nama dan diriku sendiri. Sekarang aku sering di panggil SAMSON oleh kawan saat SMA, dipanggil SUTRI atau MANIK oleh rekan dan kawan lainnya asal bukan Surti apa lagi Tedjo.

Seseorang berkata Apalah arti sebuah nama? Oh bagiku itu penting sekali tuan nyonya, itu identitas diri, sebuah makna yang melekat bersama bayangan saat kau mengingat seseorang, Mamah awak bilang “Gajah mati meninggalkan gading, Harimau mati meninggalkan belang, manusia mati meninggalkan budi dan nama baik.” Jadi sory kalau awak agak-agak sensi.

Hari ini tepat di hari Jumat sama seperti 28 tahun silam, aku merayakan ultah atau milad. Milad kali ini terasa sangat berbeda dari sebelumnya. Ada sesuatu yang kumaknai begitu dalam. Sesuatu yang sulit ku ceritakan tapi aku tahu Allah tercinta yang berdiam di Arasy selalu tahu apa yang aku maksud.

Millad kali ini indah tapi bukan karena kejutan, kado special ataupun kue tart seperti dulu. Milad kali ini aku tanpa pekerjaan, dengan kondisi fisik yang sudah tidak lagi sama, tanpa teman dan sahabat seperti dulu juga tanpa Ononk tercinta karena dia sedang sibuk dan lelah bekerja (Kebiasaan ultah di tahun ganjil yang tidak di sengaja!). Hanya ada Mamah, Papah, adik-adik dan ditambah untaian doa dari beberapa sahabat.

Indah, ya ini tetaplah indah dan bermakna indah tapi ada yang lebih indah di hati ini dan ada sebuah rasa syukur karena kembali bertemu 14 Juni. Sebagian doaku kini sadalah memiliki umur yang bermanfaat, bekal yang cukup menuju akhirat karena bertambah umur artinya jatah hidup semakin berkurang dan aku berharap semoga sempat bertemu Ramadhan nanti, aamiin.

Teringat saat ikut pelatihan kantor yang membuatku belajar tentang makna diri, ada juga tentang Ho’op (tahu bener tahu kaga nulisnya) yang di ajarkan dalam pelatihan. Ho’op dilakukan dengan cara diam, menutup mata, menarik napas tenang dan teratur lalu berbicara mengucap kata maaf, cinta, sayang dan terima kasih pada diri sendiri. Milad kali ini pun aku sedang berhalangan shalat jadi cukup merapal doa di dalam hati dan melakukan Ho’op saja dengan mengucap: Selamat ulang tahun SUTRIku sayang! Terima kasih SUTRI karena sudah menemani raga ini dengan cinta selama 28 tahun. Maaf jika aku sering menyakiti dan mendzalimimu, maaf karena aku sering melakukan hal buruk pada tubuh ini, maaf jika kadang aku tidak menganggap satu jiwa dan raga kita sehingga raga sering terdiam kaku tanpa jiwa! Terima kasih SUTRI, aku mencintai dan menyayangimu, SELAMAT ULANG TAHUN SUTRI!”

Orang lain memang tidak akan mudah memahami diriku, maka saat itulah diri berperan untuk merangkul diriku sendiri. Karena bersahabat, memahami dan menerima diri sendiri bersama segala hal yang terjadi dalam hidup tidaklah begitu sulit. Untuk menapaki hidup dengan pengawasan 2 malaikat di kiri kanan yang sedang sibuk mencatat amal perbuatan selama menginjak tanah sebelum berada 2,5 meter di bawah tanah, aku harus menerima dan mencintai diriku. Kalau aku sendiri membenci diri dan hidupku, apa lagi orang lain!

SUTRI tetaplah SUTRI walau dipanggil apa pun oleh kawan dan sahabat. Mereka tahu aku adalah SUTRI dengan segala macam sifat yang melekat.

Ngomong-ngoong selamat ulang tahun juga ya untuk kawan-kawan dan sahabat-sahabat yang sama-sama berulang tahun di bulan Juni ini, love you!


Juni tawa
Juni bahagia berteman air mata haru
Juni penuh cinta dan kejutan
Juniku
Juni kita

Geje = gak jelas
Pariban = Anak perempuan dari saudara laki-laki ibu atau Tulang, yaitu sepupu yang bisa di nikahi
Gedang = buah pepaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar