Kamis, 05 Agustus 2010

DIZALIMI atau MENDZALIMI

Kemarin-kemarin, cowo gw (Ononk), cerita tentang satu kejadian di tempat dia kerja. Dia bilang ada atasan dia, sebut aja namanya Pak Hari, tiba-tiba dimarahin sama pelanggan untuk kesalahan yang nggak dia buat sama sekali tapi Pak Hari malah diem aja dan nggak ngelawan sama sekali.

Karena penasaran, cowo gw nanya kenapa dia nggak marah. Padahal dia sangat berhak untuk marah atas hal itu. Tapi Pak Hari malah bilang "Yah Ndra, buat apa saya balas marah? Mungkin memang saya yang salah. Karena buat saya, kalau saya di marahi, berarti saya salah dan Tuhan lagi menegur saya. saya juga nggak perlu membalas sikap nggak layak dari orang lain terhadap saya karena bagi saya di dalam hidup akan ada dua hal, yaitu dizalimi atau mendzalimi. saya sendiri lebih memilih dizalimi dan takut untuk mendzalimi karena kita harus hati-hati sama doa orang yang terdzalimi!"

Kata-kata yang gw merahin bikin gw merinding pas denger Ononk cerita!

Gw langsung keingetan masa lalu gw, terus gw berpikir tentang gw saat ini dan akhirnya gw bertanya "apakah hidup saya saat ini adalah buah dari masa lalu saya?' Gw merinding ngebayangin betapa jahatnya gw dulu. Betapa banyaknya orang-orang yang pernah gw zalimi. "Astagfirullah, hamba menyesal Ya Rabb, hamba terima perlakuan apapun dan dari siapapun kini sebagai balasan perbuatan hamba terdahulu."

Yang gw lakuin berikutnya setelah meinta ampunan Tuhan adalah meminta maaf langsung pada mereka. Mereka yang pernah gw zalimi. Gw inget siapa-siapa aja,wah nggak keitung mungkin tapi beberapa diantaranya adalah:
*Hana : Dia ini temen SMA gw. Seburuk apapun dia, harusnya gw nggak nonjok dia karena dia nggak jahat sama gw! Untungnya dia mau maafin gw.
*Reni : Dia ini juga temen SMA gw, Astagfirullah, gw nggak pernah lagi ketemu Reni dan bahkan gw nggak berani untuk ketemu saking malunya. Dulu gw sok-sok preman dan berkuasa sampai-sampai Reni yang lemah pun jadi sasaran biadabnya gw.
*Derick : Dia ini adik kelas gw yang habis dihajar satu sekolah gara-gara gw ngrasa tersinggung dan temen-temen gw nggak terima terus dia dihajar deh. ampun Ya Rabb pertemukan kami satu saat nanti agar aku bisa meminta maaf.
*Anak cewek kelas 2-1, gw lupa namanya siapa tapi dia adek kelas gw yang nggak masuk sekolah selama 1 minggu karena takut sama gw yang sok banget tapi gw nggak akan sok untuk minta maaf nanti.
*Ridha atau Fury : Dia ini temen kerja gw. Dulu gw terus aja komentarin kerjaannya dia yang nggak benerlah, yang salah lah seolah-olah gw adalah manusia paling sempurna di muka bumi! Makasih ya Mbok sudah memafkanku!
*Adit : Dia ini juga dari lingkungan kerja, gw pernah ngamuk edan sama bocah ini karena dia salah muter lagu tapi nggak seharusnya gw begitu! Nuhun brother sudah memaafkan!
*Dara : Dia ini temennya temen gw di kerjaan yang lama. Gw hajar Dara habis-habisan gara-gara belain temen gw dan gw dalam kondisi nggak kontrol emosi. Finally kami pun bermaafan.
*Andra : Dia temen, partner akrab gw yang malah gw marahin untuk hal yang belum jelas kebenarannya. Ini gara-gara info dari Ratu dan gw bener-bener menyesal, untung Andra tetap mau maafin gw. Thanks darling.
*Lucky : Dia partner di tempat kerja lama. Ini pun sama, karena info dari Ratu gw marah-marah juga berkata kasar padahal belum mengkroscek hanya mendengar satu pihak. Terima kasih Lucky mau memaafkanku, hehe.

Entah siapa lagi yang pernah gw zalimi. Saat ini gw diperlakukan buruk oleh beberapa orang bahkan kadang untuk alasan yang nggak jelas tapi bukan berarti gw dizalimi. Terlalu pede kalo gw bilang gw dizalimi tapi gw ngerasa ini adalah akibat dari masa lalu gw dan gw nggak mau lagi bersiakap zalim karena gw takut sama doa mereka.

Mudah-mudahan gw bisa lebih baik lagi! Maafkan aku ya, please!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar